Tim YouTube Segera Luncurkan VR180, Format Baru Video Virtual Reality (VVR)



STARFIVEBLOGGER.NET - Sejatinya YouTube telah memiliki dukungan terhadap konten virtual reality (VR) lewat fitur video 360, namun layanan berbagi video ini kini memberikan pilihan lain lewat format video bertajuk VR180.

Sesuai namanya, VR180 bisa dibilang adalah versi pemangkasan dari video 360. Maksudnya adalah, bila di video 360 pengguna bisa melihat berputar 360 derajat, maka di VR180 pengguna hanya bisa melihat 180 derajat.

Meski jangkauan lebih rendah dari video 360, YouTube sesumbar kalau VR180 malah bisa lebih menyenangkan. Pasalnya pembuatan video VR jadi lebih mudah, selain juga format VR terbaru ini dipastikan bakal mendukung platform Google Daydream, Cardboard, dan PlayStation VR.

Pengembangan VR180 dilakukan Youtube bersamaan tim dari Google Daydream. Ke depannya, tim Google Daydream juga berencana menghadirkan kamera khusus VR180. Bahkan Xiaomi Yi, Lenovo, dan LG disebut sudah berkomitmen ikut menghadirkan perangkat kamera VR180.

Lebih lanjut, tim Google Daydream kabarnya juga telah menyiapkan program sertifikasi VR180, yang menjadikan produsen Z Cam sebagai partner pertamanya.

Namun mengingat VR180 adalah standar yang sama sekali baru, YouTube disebut bakal butuh usaha lumayan untuk mempopulerkan format VR ini.

Jadi kita nantikan saja perkembangannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafalan doa agar disukai banyak orang

Hafalan Doa Mengobati Sakit Kepala

Spesifikasi Android Sony Xperia Z3+