Banyak Smartphone Anti Air, Cek Perbedaan Sertifikat Tahan Air IP67 Dan IP68

IndonesianSmart – Perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih saat ini juga mendorong inovasi yang lebih baik pada setiap seri smartphone yang ada. Berbagai vendor tentunya juga membekali smartphone besutannya dengan fitur serta teknologi yang lebih baik guna mengikuti keinginan konsumen sesuai dengan perkembangan teknologi. Salah satu fitur yang saat ini banyak digunakan pada smartphone adalah fitur tahan terhadap air.

Teknologi dimana memungkinkan perangkat smartphone tahan terhadap air ini memungkinkan jika pada smartphone tersebut telah mengantongi sertifikat IP67 atau IP68. Namun tentunya masih banyak kalangan yang bingung dengan kedua istilah tersebut dimana pada dasarnya antara IP67 dan IP68 tentu terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Baik IP67 dan IP68 sebenarnya jika diperhatikan secara seksama terdiri dari tiga kode yaitu IP, angka 6, lalu kemudian baru muncul angka 7 atau 8. IP sendiri merupakan sebuah singkatan untuk International Protection dimana standar sertifikasi ini dibuat secara langsung oleh International Electrotechnical Commision (IEC). Sedangkan angka 6 sendiri mengindikasikan jika perangkat ini mampu bertahan dari berbagai partikel seperti debu, pasir, atau partikel lainnya.

Sedangkan angka 7 atau 8 yang terdapat di belakang merupakan indikasi jika smartphone memiliki ketahanan terhadap air dengan kedalaman tersendiri. Untuk angka 7, artinya perangkat yang mengantongi sertifikat IP67 berarti smartphone tersebut mampu bertahan di dalam kedalaman air 1 meter selama 30 menit.

Kemudian untuk perangkat dengan sertifikat IP68 berarti jika smartphone tersebut mampu bertahan pada kedalaman air 1,5 meter hingga 2 meter selama 30 menit. Perangkat baik dengan sertifikat IP67 maupun IP68 akan tetap aman jika menyentuh air selama 30 menit.

Namun, jika digunakan terus menerus di dalam kolam atau air laut untuk mengambil gambar misalnya hal ini tetap memungkinkan perangkat akan mengalami kerusakan pada beberapa komponen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafalan doa agar disukai banyak orang

Hafalan Doa Mengobati Sakit Kepala

Spesifikasi Android Sony Xperia Z3+